Minggu, 30 Oktober 2011

Jenis-jenis perusahaan
1.Perusahaan dagang
Dealer sepeda motor ( Honda Astra )
Motor Honda telah menembus beberapa segmen pasar automotif. Segmen skuter matik premium saat ini Honda memiliki PCX, sedangkan di segmen atas memiliki Vario Techno CBS, Vario Techno, Vario. Di segmen menengah adalah Scoopy. Sedangkan di segmen bawah ditempati BeAT dan Spacy. Strategi yang digunakan untuk setiap segmentasi pasarnya adalah kalangan remeja, karyawan dalam usia yang seharusnya sudah mempunyai KTP dan SIM. Perbedaannya adalah Honda Spacy lebih mengarah ke target kalangan  rumah tangga baru atau lak-laki dan perempuan dewasa.  Berbeda dengan Honda BeAT yang menyasar kaum muda.

2. Perusahaan manufaktur
PT.Indofoot
Indofood meluncurkan strategi marketing yang lebih komprehensif yang lebih menunjukkan jati diri Indofood sebagai market leader. Hampir semua brand dalam portfolio-nya disegarkan kembali dengan kampanye baru maupun peluncuran produk baru. Indomie disegarkan dengan kampanye ”Selera Nusantara” yang lebih modern. Sarimi lebih difokuskan untuk membendung produk unggulan Mie Sedaap Soto Ayam—dengan meluncurkan produk Sarimi Soto Koya.
Sementara Supermi disegarkan dengan meluncurkan produk baru: mie goreng rasa soto (GoSo), rasa bawang (GoBang), dan rasa kari (GoKar). Indofood juga menggunakan Slank untuk meng-endorse Supermi—Supermi tampaknya akan dijadikan brand unggulan kedua Indofood setelah Indomie yang menyumbang hampir separuh omset divisi noodle Indofood. Akan halnya Pop Mie, meskipun saat ini bisa dibilang melenggang sendiri tanpa head on competitor, Indofood sudah mengantisipasinya dengan upaya building brand melalui kampanye dan promosi di kalangan remaja.
Produk-produk Indofood dinikmati setiap hari pada setiap siklus kehidupan seperti makanan untuk anak-anak,makanan untuk masa pertumbuhan di usia sekolah hingga masa remaja danmenginjak usia dewasa serta makanan keceriaan dalam kehidupan.
Tentang strategi menghadapi persaingan, Indofood akan menerapkanstrategi Mastering The Present, Pre-empting the Future. Strategi ini antara lainfokus kepada organic growth, memanfaatkan competitive advantage melalui scale,scope, span, dan speed. Selain itu akan menjalankan program cost efficiency andcost cutting. Di samping itu tetap melanjutkan segmentasi para konsumennyadengan memperkenalkan produk-produk dengan higher price and higher margin.

3. Perusahaan Jasa
PT. PAHALA EXPRESS
Usaha Jasa Titipan Pahala Kencana bermula dari tumbuh kembangnya lalu lintas orang dan barang yang menggunakan jasa transportasi darat armada bus Pahala Kencana. Situasi pergerakan dunia usaha yang dinamis memacu Pahala Kencana untuk mendirikan Jasa Titipan Pahala Kencana di tahun 1993.
Pada tahun 2006 Jasa Titipan Pahala Kencana merubah merek dagangnya menjadi Pahala Express dan mulai melaksanakan pengiriman barang melalui moda angkutan lain baik darat, udara maupun laut. Pengiriman tidak lagi terbatas pada kota-kota di rute-rute bus Pahala Kencana tetapi telah berkembang jauh pada pengiriman barang dengan tujuan ke lebih dari 200 kota besar dan kecil di Indonesia dan ke lebih dari 200 negara tujuan serta didukung oleh lebih dari 100 unit armada pengiriman barang.
Beberapa langkah yang dilakukan adalah pendekatan personal ke perusahaan-perusahaan besar, maintenance pelanggan, promosi lewat penampilan gedung mereka, radio, dan media cetak.”Dan yang tak kalah penting adalah manajemen spritual, contohnya setiap rutin para karyawan melakukan doa bersama dan selalu menyisihkan 2,5 % dari pemasukan Pahala Express untuk menyumbang anak yatim dan fakir miskin,” tutur Andre, supervisior Pahala Express cabang Matraman.

Hingga saat ini, ekspansi Pahala Express pun cukup terbilang sukses, Pahala Express telah menambah cabang-cabang besarnya di Jakarta hingga 10 cabang. Tak hanya itu, mereka pun telah merangkul 30 agen di Jabotabek. 

Banyaknya agen sendiri tidak terlepas berkat kerja keras Pahala express sendiri dalam berpromosi dan memuaskan para konsumen dalam pengiriman barang. Setiap agen tersebut biasanya mereka kenakan biaya Rp5 juta sebagai jaminan agen untuk jangka waktu seumur hidup. Kemudian, setiap agen mendapat perlengkapan seperti timbangan kapasitas 100 kg, x-banner, neon box, seragam, promosi, dan pelatihan singkat dasar kargo.
Pelanggan Pahala Express adalah beberapa perusahan besar dan pedagang. Saat ini perusahan yang menjalin kerja sama adalah Pertamina, Departemen Kehakiman, Indosat, Bank BNI, dan Bakrie. Perusahan besar tersebut biasanya mengirimkan dokumen dan paket. Dari perusahan-perusahaan tersebut, Pahala Express mampu meraup pemasukan kurang lebih Rp150 juta per bulan. Sedangkan, para pedagang, biasanya mereka mengirimkan paket, pakaian, sepatu, spare part, perangkat komputer, sepeda motor, dan obat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar